Menu
Oktober Menjadi Awal Terang IHSG Setelah Terpuruk di Sepanjang September

Oktober Menjadi Awal Terang IHSG Setelah Terpuruk di Sepanjang September

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menunjukan ketidakjelasan. Hal ini karena sepanjang September sideways hanya memiliki kinerja -0,1 persen.

Iksan Maulani 7 bulan ago 38

CNBC Media – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menunjukan ketidakjelasan. Hal ini karena sepanjang September sideways hanya memiliki kinerja -0,1 persen. Meskipun masih dalam kategori wajar, mengingat September adalah bulan terburuk ke 1 dalam 5 tahun terakhir.

Probabilitas hanyak naik kisaran 20 persen, dan ini menjadi bulan terburuk ke 2 dalam 10 tahun terakhir dengan probabilitas hanya 40 persen.

Dengan melihat stastitik pada September ataupun kuartal terakhir ini, pastinya akan memikirkan ulang untuk menanam uang di IHSG.

Tapi Anda tak cukup alasan pasti untuk tidak menaruhnya di IHSG, pasalna pada Oktober ini, IHSG akan menyambut bulan terbaiknya, setidaknya dalam 5 atau 10 tahun terakhir. Lebih lanjut, probabilitasnya yang akan naik mencapai 80 persen.

Tidak hanya itu saja, kenaikan kali ini tidak hanya pada bulan Oktober saja, melainkan sampai Desember.

Tanda Tanda Kenaikan IHSG

Nampaknya tanda-tanda kenaikan IHSG sudah semakin terang dan jelas, hal ini karena pada Senin (2/10) IHSG bakal berpeluang malambung.  Pada perdagangan Jumat (29/9), IHSG naik dengan poin yang menyentuh angka 2,06 atau 0,03 persen ke level 6.939,89.

Dilain sisi, meskipun mengalami tren penguatan, tetapi sepanjang pekan ini IHSG masih dalam level melemah 0,74 persen.

Lantas apakah IHSG akan uji pivot di 6.950 pada Senin besok?. Patut ditunggu, kenaikan IHSG yang dipantau akan melambung.

Lebih lanjut, manufaktur China mempengaruhi IHSG yang diperkirakan kembali ke batas ekspansifnya.

Penurunan inflasi Indonesia ke 2,25 persen menjadi asal tren positif ini, yang secara tahunan pada bulan September 2023, telah mencatatkan angka 2,18 persen secara tahunan. Kondisi ini relative stabil di 2,1 persen secara YoY pada September 2023.

Pada akhir (29/9) IHSG telah melampaui BBCA, dengan IHSG yang menyentuh angka +1,91 persen, sedangkan BBCA terpautu tipis dengan angka +1,44 persen.

Ini mengindikasikan bahwa IHSG siap melesat pada tiga bulan kedepan, dan ini patut untuk disambut, perkembangan IHSG yang disinyalir akan mengalami lampauannya sepanjang 5 atau 10 tahun terakhir.

Dengan proteksi yang meyakinkan bisakah IHSG dapat menyakinkan untuk menanam uang kemereka. Mengingat besok Senin (2/10) akan menjadi awal terang IHSG di bulan Oktober ini, dan kita akan bisa melihat sejauh mana lampauan IHSG.

Jika kenaikan itu benar adanya, maka benarlah prediksi yang memungkinkan IHSG akan melesat di akhir-akhir 2023 ini.

Kejutan akan yang dibawah IHSG akan semakin krusial dengan resikonya yang ia bawa dalam kurun waktu 3 bulan kebelakang, atau setidaknya pada September yang terpantau mengalami keterpurukannya. Oleh sebab itu, patut diperhatikan dengan baik untuk menyambut lampauan IHSG kedepannya.  

Tags
– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By