Menu
Prajogo Pangestu Lepas Suspensi Menanti Saham Ter-CUAN

Prajogo Pangestu Lepas Suspensi Menanti Saham Ter-CUAN

Saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN), milik konglomerat Prajogo Pangestu, masih disuspensi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 19 Desember 2023.

Shandy Aulia 3 bulan ago 8

CNBC Media – Saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN), milik konglomerat Prajogo Pangestu, masih disuspensi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 19 Desember 2023. Saham CUAN sempat melesat hingga 6.000% dalam waktu singkat, sehingga BEI melakukan suspensi untuk melakukan pemeriksaan.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi dari BEI mengenai hasil pemeriksaan saham CUAN. Namun, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Kristian Manullang mengatakan bahwa pemeriksaan saham CUAN masih berlangsung dan akan segera selesai.

“Pemeriksaan masih berlangsung, nanti akan kami umumkan hasilnya,” kata Kristian kepada CNBC Indonesia, Senin (9/1/2024).

Pada saat IPO, saham CUAN dihargai Rp220 per saham. Namun, harga saham CUAN terus melesat hingga mencapai Rp13.425 per saham pada 18 Desember 2023. Lonjakan harga saham CUAN ini sempat membuat CUAN menjadi saham ter-CUAN di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2023.

Kenaikan harga saham CUAN yang signifikan ini menimbulkan kecurigaan dari BEI. BEI melakukan suspensi saham CUAN untuk melakukan pemeriksaan, apakah kenaikan harga saham tersebut disebabkan oleh transaksi semu atau tidak.

Jika pemeriksaan BEI menemukan adanya transaksi semu, maka BEI dapat menjatuhkan sanksi kepada pelakunya. Sanksi yang dapat dikenakan oleh BEI antara lain denda, pencabutan izin broker, dan bahkan pidana.

Sementara itu, jika pemeriksaan BEI tidak menemukan adanya transaksi semu, maka suspensi saham CUAN akan dicabut. Jika suspensi saham CUAN dicabut, maka saham CUAN akan kembali diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Investor yang memiliki saham CUAN tentu berharap bahwa suspensi saham tersebut akan segera dicabut. Jika suspensi saham CUAN dicabut, maka investor dapat kembali menjual saham CUAN dengan harga yang lebih tinggi.

Namun, investor juga perlu berhati-hati jika ingin membeli saham CUAN setelah suspensi dicabut. Investor perlu melakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui apakah harga saham CUAN sudah wajar atau belum.

Berikut ini Juga Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini Jauhi Posisi ATH:

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak di rentang 7.272-7.392 pada hari ini, Rabu (10/1/2024). Pergerakan IHSG hari ini diperkirakan masih berada dalam rentang konsolidasi wajar, sehingga peluang kenaikan dalam jangka pendek masih terlihat cukup terbatas.

William Surya Wijaya, analis Indo Premier Sekuritas, mengatakan bahwa IHSG masih belum mampu menembus level 7.400, sehingga pergerakannya masih cenderung sideways. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Kekhawatiran investor terhadap potensi resesi global
  • Kenaikan suku bunga The Fed yang lebih agresif dari perkiraan
  • Pelemahan nilai tukar rupiah

Meskipun demikian, William mengatakan bahwa investor masih dapat memanfaatkan momentum konsolidasi ini untuk melakukan akumulasi pembelian pada saham-saham yang memiliki fundamental kuat dengan market cap besar.

Berikut adalah beberapa rekomendasi saham untuk hari ini:

  • SMRA (PT Summarecon Agung Tbk.)
  • ICBP (PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.)
  • ITMG (PT Indo Tambangraya Megah Tbk.)
  • AALI (PT Adhi Karya (Persero) Tbk.)
  • BBCA (PT Bank Central Asia Tbk.)
  • TBIG (PT Tower Bersama Infrastructure Tbk.)
  • KLBF (PT Kalbe Farma Tbk.)

William mengatakan bahwa saham-saham tersebut memiliki fundamental yang kuat dan didukung oleh prospek pertumbuhan yang positif. Selain itu, saham-saham tersebut juga memiliki kapitalisasi pasar yang besar, sehingga dapat memberikan likuiditas yang baik bagi investor.

Investor disarankan untuk tetap waspada terhadap potensi koreksi lanjutan pada IHSG. Investor juga disarankan untuk melakukan diversifikasi investasi untuk mengurangi risiko.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By