Menu
Selasa Pagi IHSG Naik ke level  7.133,14

Selasa Pagi IHSG Naik ke level 7.133,14

IHSG adalah singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan. IHSG adalah indeks yang mengukur kinerja harga semua saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Shandy Aulia 4 bulan ago 12

CNBC Media – IHSG adalah singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan. IHSG adalah indeks yang mengukur kinerja harga semua saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1983. Indeks ini mencakup pergerakan harga seluruh saham biasa dan saham preferen yang tercatat di BEI.

Saham IHSG adalah saham-saham yang tercatat di BEI dan menjadi komponen dari IHSG. Saham-saham ini dipilih berdasarkan kriteria tertentu, seperti kapitalisasi pasar, likuiditas, dan kinerja keuangan.

IHSG merupakan indikator pergerakan pasar modal di Indonesia. Pergerakan IHSG dapat digunakan untuk mengukur kinerja portofolio saham, sebagai indikator perekonomian, dan sebagai acuan bagi investor untuk mengambil keputusan investasi.

Pada perdagangan hari ini, Selasa, 19 Desember 2023, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,19% atau 13,62 poin ke level 7.133,14. Pergerakan IHSG hari ini masih dibayangi oleh sikap wait and see pelaku pasar jelang Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang akan digelar pada Kamis mendatang.

IHSG dibuka menguat 2,13 poin atau 0,03% di level 7.121,65. Sepanjang sesi I, IHSG bergerak di rentang 7.118,49-7.149,27. Pada sesi II, IHSG sempat tertekan hingga menyentuh level 7.118,49, tetapi kemudian kembali menguat dan ditutup di level 7.133,14.

Saham-saham yang menjadi penggerak penguatan IHSG hari ini antara lain adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Astra International Tbk (ASII). Sementara itu, saham-saham yang menjadi pemberat IHSG antara lain adalah PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dan PT United Tractors Tbk (UNTR).

Total volume transaksi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini mencapai 28,6 miliar saham dengan nilai transaksi Rp16,6 triliun. Investor asing tercatat net sell sebesar Rp1,1 triliun di seluruh pasar.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By