Menu
Tommy Soeharto (HUMI) hingga Grup Bakrie (ALII) Paling Cuan Sepekan

Tommy Soeharto (HUMI) hingga Grup Bakrie (ALII) Paling Cuan Sepekan

Penutupan perdagangan minggu ini diwarnai lonjakan saham milik Tommy Soeharto, PT Humpus Maritim Internasional Tbk.

Shandy Aulia 2 bulan ago 14

CNBC Media – Penutupan perdagangan minggu ini diwarnai lonjakan saham milik Tommy Soeharto, PT Humpus Maritim Internasional Tbk. (HUMI), dan emiten Grup Bakrie, PT Ancora Logistics Indonesia Tbk. (ALII). Keduanya menduduki peringkat teratas dalam daftar top gainers sepekan periode 12-16 Februari 2024.

HUMI Meroket 97,62%

Saham HUMI mencatatkan kenaikan fantastis sebesar 97,62%. Lonjakan ini dipicu oleh sentimen positif terkait rencana rights issue senilai Rp500 miliar. Dana yang diperoleh akan digunakan untuk pengembangan usaha dan modal kerja, sehingga meningkatkan optimisme investor terhadap prospek perusahaan.

ALII Melonjak 92,86%

Saham ALII tak mau kalah, melejit 92,86%. Kenaikan ini dikaitkan dengan sentimen positif dari kenaikan harga komoditas batubara. Sebagai perusahaan logistik yang bergerak di sektor pertambangan, ALII berpotensi diuntungkan oleh kondisi tersebut.

Sentimen Spekulatif?

Analis Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta, mengingatkan para investor agar berhati-hati. Ia menilai kenaikan saham HUMI dan ALII lebih disebabkan oleh sentimen spekulatif daripada fundamental perusahaan. Artinya, optimisme investor belum tentu didukung oleh kekuatan bisnis yang sesungguhnya.

Nafan menyarankan agar investor melakukan analisis fundamental yang mendalam sebelum mengambil keputusan investasi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kenaikan harga saham tersebut memiliki landasan yang kuat dan bukan sekadar euforia sesaat.

Dominasi Top Gainers

Kenaikan saham HUMI dan ALII tidak sendirian. Beberapa saham lainnya turut meramaikan daftar top gainers sepekan, seperti EDGE (142,86%), SURI (125%), IOTF (114,29%), dan PSAB (105,26%).

Pencapaian ini menunjukkan adanya optimisme investor terhadap sejumlah sektor dan emiten tertentu. Namun, penting untuk diingat bahwa lonjakan harga yang signifikan juga bisa dipicu oleh faktor-faktor jangka pendek yang tidak selalu berkelanjutan.

Oleh karena itu, para investor perlu selalu cermat dan bijaksana dalam mengambil keputusan investasi. Analisis fundamental yang menyeluruh menjadi kunci untuk menghindari risiko dan meraih keuntungan yang berkelanjutan.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By