Menu
Pengusaha Perluas Lagi Lapangan Kerja untuk Penyandang Disabilitas

Pengusaha Perluas Lagi Lapangan Kerja untuk Penyandang Disabilitas

Sebanyak 22 perusahaan swasta menunjukkan komitmennya untuk memperluas lapangan kerja bagi penyandang disabilitas dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan komunitas Relawan Ruang Interaksi (RUTE).

Shandy Aulia 2 bulan ago 9

CNBC Media – Sebanyak 22 perusahaan swasta menunjukkan komitmennya untuk memperluas lapangan kerja bagi penyandang disabilitas dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan komunitas Relawan Ruang Interaksi (RUTE). Penandatanganan ini dijembatani oleh Prabowo-Gibran Digital Team (PRIDE) dalam upaya meningkatkan inklusivitas di dunia kerja.

Koordinator PRIDE, Anthony Leong, menegaskan bahwa MoU ini merupakan langkah nyata untuk membuka peluang bagi penyandang disabilitas dalam mendapatkan pekerjaan yang layak. “Kita ingin menunjukkan bahwa teman-teman disabilitas memiliki potensi dan kemampuan yang sama seperti orang lain,” ujar Anthony.

Melalui kerja sama ini, 22 perusahaan swasta tersebut berkomitmen untuk membuka lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas di berbagai bidang. RUTE, sebagai komunitas yang fokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas, akan berperan dalam menjembatani kebutuhan perusahaan dan kompetensi para penyandang disabilitas.

“Kami berharap kerja sama ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk turut berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja yang inklusif,” kata Anthony.

Apresiasi dari Komunitas Disabilitas

Ketua RUTE, Diah Warih Anjari, menyambut baik komitmen dari para pengusaha tersebut. Ia mengatakan bahwa peluang kerja bagi penyandang disabilitas masih sangat terbatas, sehingga MoU ini menjadi angin segar bagi mereka.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen dari para pengusaha ini. Ini merupakan langkah maju dalam mewujudkan kesetaraan bagi penyandang disabilitas,” ujar Diah.

Diah berharap, dengan semakin banyaknya perusahaan yang membuka peluang kerja bagi penyandang disabilitas, stigma dan diskriminasi terhadap mereka dapat dihilangkan.

Dukungan Pemerintah

Pemerintah juga menyambut baik komitmen dari para pengusaha tersebut. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan akses lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.

“Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendukung inklusivitas di dunia kerja, termasuk penyediaan pelatihan dan insentif bagi perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas,” kata Ida.

Ida berharap, dengan kerja sama antara pemerintah, pengusaha atau entrepreneur, dan komunitas disabilitas, dapat tercipta lapangan kerja yang inklusif dan ramah bagi penyandang disabilitas.

Penandatanganan MoU antara 22 perusahaan swasta dan RUTE merupakan langkah positif dalam memperluas lapangan kerja bagi penyandang disabilitas. Diharapkan, kerja sama ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk turut berkontribusi dalam menciptakan dunia kerja yang inklusif dan ramah bagi semua orang.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By