Menu
Manfaat Mengurangi Kalori: Tak Hanya Langsing, Tapi Juga Memperlambat Penuaan

Manfaat Mengurangi Kalori: Tak Hanya Langsing, Tapi Juga Memperlambat Penuaan

Siapa yang tak ingin hidup lebih lama dan tetap terlihat muda? Kabar baiknya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengurangi kalori dapat membantu Anda mencapai kedua hal tersebut.

Shandy Aulia 2 bulan ago 9

CNBC Media – Siapa yang tak ingin hidup lebih lama dan tetap terlihat muda? Kabar baiknya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengurangi kalori dapat membantu Anda mencapai kedua hal tersebut.

Ingin hidup lebih lama dengan penampilan awet muda? Tak hanya mimpi, penelitian terbaru membuka harapan baru. Ternyata, mengurangi kalori menawarkan manfaat jauh melampaui sekedar berat badan ideal. Mari menyelami keajaiban pembatasan asupan kalori ini.

Penelitian yang dilakukan di University of Southern California menyelidiki dampak pembatasan kalori pada tikus. Hasilnya mencengangkan: tikus dengan asupan 30% lebih sedikit kalori hidup 30% lebih lama! Tak hanya itu, penuaan pun melambat, terlihat dari kulit lebih kencang, otot kuat, dan tulang padat.

Bagaimana keajaiban ini terjadi? Ketika membatasi kalori, tubuh Anda memasuki proses pembersihan sel yang disebut autophagy. Bayangkan sel-sel tubuh sebagai rumah, maka autophagy seperti gotong royong membersihkan debu dan barang rongsok. Proses ini membuang protein dan organel rusak, menjaga kesehatan dan fungsi optimal sel-sel, sehingga memperlambat penuaan.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 30% lebih sedikit kalori hidup 30% lebih lama dan memiliki tanda-tanda penuaan yang lebih lambat. Hal ini terjadi karena proses autophagy, di mana sel-sel tubuh membersihkan diri dari protein dan organel yang rusak, sehingga sel-sel tubuh tetap sehat dan berfungsi optimal.

Manfaat lain dari mengurangi kalori:

  • Menurunkan risiko penyakit kronis (diabetes, jantung, kanker)
  • Meningkatkan fungsi otak dan memori
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan mood dan energi

Tips:

  • Makan lebih banyak sayur dan buah
  • Pilih protein tanpa lemak (ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan)
  • Batasi makanan olahan (gorengan, siap saji, makanan manis)
  • Minum air putih yang cukup
  • Olahraga teratur

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai program diet apa pun. Mengurangi kalori bukan hanya tentang langsing, tapi juga tentang meningkatkan kesehatan dan memperlambat penuaan. Mulailah hari ini untuk hidup lebih lama dan tetap terlihat muda dengan mengubah lifetyle pola hidup sehat!

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By