Menu
Tengok Risiko Investasi Menjelang Pemilu 2024

Tengok Risiko Investasi Menjelang Pemilu 2024

Catra perpolitikan Indonesia kian panas menjelang pemilu 2024 nanti Anda yang ingin berinvestasi,perlu diperhatikan risiko investasi.

Iksan Maulani 7 bulan ago 22

Catra perpolitikan Indonesia kian panas menjelang pemilu 2024 nanti. Terutama pada pemilihan presiden, yang akan menjadi perhatian publik dalam beberapa bulan kedepan. Namun, ternyata adanya pemilu ini sangat berdampak kepada segela sektor, terutama investasi. Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin berinvestasi, perlu diperhatikan risiko investasi menjelang pemilu 2024.

Tidak bisa dipungkiri, pergantian penguasa akan berakibat pada kebijakan yang diambil, termasuk berbagai sistem didalamnya. Untuk itu, pemegang saham bisa menimbang risiko investasi, dengan melihat gagasan dari masing-masing calon presiden.

Meskipun semua calon presiden belum final untuk menentukan calon dan koalisinya, serta hal-hal yang mengejutkan bisa terjadi kedapan, karena pendaftaran calon presiden sendiri berlangsung November 2023, jadi masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi.

Apa Saja Risiko Investasi Menjelang Pemilu 2024?

  • Volatilitas pasar

Hal ini seringkali menciptakan ketidakpastian politik, yang dapat menyebabkan volatilitas pasar saham. Sering kali investor akan lebih waspada dan cenderung menjual saham mereka untuk menghindari risiko yang tak terduga.

  • Ketidakpastian kebijakan

Seperti pada pembahasan awal, bahwa pemilu akan berdampak signifikan bagi kebjikan, karena bergantinya pemimpin berarti berganti juga kebijakan yang diambil. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah yang terpilih akan berpengaruh besar bagi bisnis di masa mendatang. Lebih lanjut, kebijakan yang berubah akan lebih rentan mempengaruhi industri, yang akibatnya kenaikan atau penurunan harga saham yang tak pasti.

  • Risiko makroekonomi

Jelas saja, pemilu akan mempengaruhi stabilitas ekonomi secara keseluruhan. Inflasi yang naik, dan nilai tukar yang cenderung fluktuatif, atau perubahan suku bunga dapat mempengaruhi kinerja pasar saham.

  • Sentimen Investor

Tidak hanya itu saja, sentiment investor yang diakibatkan dari pemilu juga akan mempengaruhi harga saham secara keseluruhan.

  • Kebijakan sector spesifik

Ini didasari dari beberapa sector industri akan lebih rentan terhadap perubahan kebijakan pemerintah yang terkait dengan hasil pemilu. Seperti misalnya pada sector kesehatan, energi dan sebagainya, yang dapat terpengaruh oleh perubahan dalam peraturan pemerintah baru.

Lebih lanjut, penting diingat bahwa untuk pemilu memiliki karakteristik dan dinamika uiknya sendiri. Risiko ini harus dievaluasi dalam konteks pemilu tertentu dan dalam hubungan dengan portofolio investasi Anda.

Dengan mengetahui gejala politik yang terjadi akibat dari adanya pemilu 2024, Anda bisa mengantisipasi banyaknya kemungkinan yang terjadi.

Meskipun setiap pemilu sendiri, peprputaran ekonomi cenderung cepat dan banyak, karena terjadinya banyak transaksi di dalamnya.

Kendati demikian dengan antisipasi tersebut, Anda dapat memilih investasi mana yang tepat, saat terjadi atau menjelang konstetasi politik 2024. Hal ini untuk meminimalisir risiko, saat Anda memilih investasi terhadap produk investasi, yang akan dipengaruhi oleh situasi politik yang ada.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By