Menu
Saham Sale: PTRO Dikabarkan Bakal Diakuisisi Prajogo Pangestu

Saham Sale: PTRO Dikabarkan Bakal Diakuisisi Prajogo Pangestu

Harga  saham PTRO pada Senin, (30/10) ditutup  dengan turun di angka -3,8%  ke level 3.800 rupiah per saham.

Iksan Maulani 6 bulan ago 14

CNBC Media – Harga  saham PTRO pada Senin, (30/10) ditutup  dengan turun di angka -3,8%  ke level 3.800 rupiah per saham.

Ini didasari setelah senpat menyentu ambang batas auto  reject atas ARA di level 4.930 rupiah per saham pada awal perdagangan sesi dua. Kondisi tersebut berbanding terbalik pada penutupan di angka +16,3% ke level 5.200 ruiah per saham.

Dalam kabar terbaru melaporkan bahwa perusahaan Barito Pasific (BRPT) dan Petrindo Jaya Kreasi (CUAN), Prajogo Pangestu berencana bakal membeli 30-35% saham potrosea atau PTRO.

Selain itu, menurut narasumber kontan juga menyebutkan bahwa Prajogo akan menjadi pemegang saham mayoritas di PTRO.

Lebih lanjut, ia bakal mendapatkan perusahaan tersebut di bawah struktur CUAN, tentunya akan sangat menguntungkan jika ini terealisasi.

Dari laman stockbit narasumber kontan bilang, bahwa dia tidak mengetahui berapa nilai akuisisi yang akan dikeluarkan Prajogo untuk membeli 30-35% saham PTRO tersebut.

Saat ini, PTRO memiliki market cap sebesar 3,83 triliun rupiah atau kisaran angka 239,6 juta dollar US dengan asumsi kurs saat ini 16.000 rupiah per dollar US.

Dalam stastistiknya PTRO dikendalikan oleh PT Caraka reksa Optima dengan kepemilikan sebesar 51,51%. Perusahaan PT Caraka Reksa Optima sendiri mengakuisisi PTRO dari Energy (INDY).

Akuisisi tersebut terjadi pada Februari 2022, di mana pada saat itu INDY menjual seluruh nilainya di angka 69,8% dengan sahamnya di PTRO dengan nilai 146,58 juta dollar US.

Lebih lanjut, ini merupakan implikasi valuasi sebesar 210 juta dollar US, dengan demikian, valuasi PTRO saat ini lebih tinggi +14,1% bahkan dari harga pembelian PT Caraka Reksa Optima.

Namun, kontan tidak membeberkan tanggapan dari Prajogo,PTRO, CUAN, ataupun PT Caraka Reksa Optima dalam laporan tersebut.

Demikian juga ia tidak membeberkan sumber CUAN untuk melakukan akuisi tersebut. Kendati pada per 1H23 kas dan setara kas CUAN di angka 437,7 miliar rupiah, namun kondisi ini jauh lebih rendah dari nilai akuisisi yang dibutuhkan, pungkasnya.

Sedangkan dari data terbarunya yang dihimipun juga dari laman stocbit valuasi PTRO berpotensi mengalami re-rating jika benar diakuisisi oleh Prajogo Pangestu.

Lebih lanjut, sebagai gambarannya valuasi saham PTRO saat ini diperdagangkan dengan PER 5,99x dan PBV 1,09x, yang jauh lebih rendah dibandingkan valuasi lainnya, atau emiten yang terafiliasi Prajogo Pangestu.

Seperti CUAN yang memiliki nilai per 172,59x dan PBV  yang memiliki nilai 35,85x atau BRPT yang memiliki per 103,42x dan BPV 3,92x, serta TPIA dengan per negatifnya dan PBV 5,85x.

Demikian jika akusisi tersebut dapat terealisasi , maka CUAN berpotensi untuk memperoleh keuntungan dari sinergi yang dihasilkan secara operasional.

Dengan pertambangannya pada lini usaha jasa kontraktor milik PTRO. Oleh karena itu, terkait pendanaan akuisisi. Disinyalir memiliki beberapa opsi yang dapat diambil.

Antara lain CUAN  yang tembusan utang atau dalam hal ini penambahan modal berupa rights issue atau private placement.

Tags
– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By