Menu
Rupiah Kembali Lesu Pada Level Rp 15.560

Rupiah Kembali Lesu Pada Level Rp 15.560

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada perdagangan hari ini, Senin (15/1). Rupiah ditutup melemah 0,06% ke level Rp 15.560 per dolar AS.

Shandy Aulia 3 bulan ago 12

CNBC MediaNilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada perdagangan hari ini, Senin (15/1). Rupiah ditutup melemah 0,06% ke level Rp 15.560 per dolar AS.

Pelemahan rupiah dipicu oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) yang agresif dalam menaikkan suku bunga acuan. Bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), dijadwalkan untuk kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin pada pertemuannya bulan depan. Hal ini diperkirakan akan meningkatkan permintaan dolar AS dan menekan nilai tukar mata uang lainnya, termasuk rupiah.
  • Inflasi Indonesia yang masih tinggi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Indonesia pada Desember 2023 mencapai 4,35% secara tahunan. Angka ini di atas target inflasi Bank Indonesia yang sebesar 2-4%. Inflasi yang tinggi dapat mendorong pelemahan rupiah, karena investor akan mencari aset yang lebih aman, seperti dolar AS.

Di sisi lain, Bank Indonesia (BI) tidak melakukan perubahan suku bunga acuan pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan lalu. BI menilai bahwa suku bunga acuan saat ini masih cukup akomodatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pelemahan rupiah berpotensi berdampak negatif terhadap perekonomian Indonesia. Hal ini karena dapat meningkatkan biaya impor dan menekan daya saing ekspor Indonesia.

Untuk menjaga stabilitas rupiah hari ini, BI akan terus memantau perkembangan pasar valuta asing dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By