Menu
Rupiah Ditutup Lesu Setelah BI Tahan Suku Bunga

Rupiah Ditutup Lesu Setelah BI Tahan Suku Bunga

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (21/12/2023)

Shandy Aulia 4 bulan ago 6

CNBC Media – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (21/12/2023). Rupiah ditutup di level Rp15.525 per dolar AS, melemah 0,09% atau 14 poin dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya.

Keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menahan suku bunga acuan di level 6% dinilai menjadi salah satu faktor yang menekan rupiah. Keputusan tersebut dinilai tidak sesuai dengan ekspektasi pasar yang memperkirakan BI akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin.

Selain itu, sentimen global yang masih dibayangi oleh pengetatan kebijakan moneter oleh bank sentral dunia juga turut menekan rupiah. The Fed diperkirakan akan kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin pada pertemuannya bulan depan.

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, keputusan BI untuk menahan suku bunga acuan dinilai tetap konsisten dengan kebijakan moneter yang prostability. Namun, keputusan tersebut juga dinilai akan membuat rupiah hari ini lebih rentan terhadap tekanan dari sentimen global.

“Keputusan BI untuk menahan suku bunga acuan akan membuat kurs rupiah lebih rentan terhadap tekanan dari sentimen global,” kata Ibrahim.

Ibrahim memperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran Rp15.400-Rp15.600 per dolar AS pada perdagangan pekan depan.

Berikut ini adalah pergerakan rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini:

  • Pembukaan: Rp15.516 per dolar AS
  • Puncak: Rp15.525 per dolar AS
  • Tepi: Rp15.485 per dolar AS
  • Penutupan: Rp15.525 per dolar AS
– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By