Menu
Rupiah Diperkirakan Melemah Hari Ini

Rupiah Diperkirakan Melemah Hari Ini

Nilai ganti rupiah ini hari akan dipengaruhi oleh fluktuasi dolar Amerika Serikat (AS) mendekati data tenaga kerja berbentuk nonfarm payroll AS.

Shandy Aulia 4 bulan ago 13

CNBC Media – Nilai ganti rupiah ini hari akan dipengaruhi oleh fluktuasi dolar Amerika Serikat (AS) mendekati data tenaga kerja berbentuk nonfarm payroll AS.

Direktur PT Keuntungan Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi memprediksi gerakan nilai ganti rupiah pada Jumat (8/12/2023) akan condong naik-turun, dan mempunyai potensi ditutup lagi menurun di bentang Rp15.490 – Rp15.550 per dolar AS.

Dari sentimen luar negeri, menurut dia, walaupun Bank Sentra AS The Fed diprediksi menjaga suku bunga pada Desember, pasar belum juga percaya kapan bank sentra AS ini merencanakan untuk memulai memotong suku bunganya.

“Ketidakjelasan ini menolong dolar, bahkan juga saat data pengupahan ADP memperlihatkan ada pengurangan lebih besar di pasar tenaga kerja,” katanya, d ikutip Jumat (8/12/2023).

Di lain sisi, data nonfarm payrolls AS yang hendak di-launching diprediksi memberikan kode tentu berkenaan pasar tenaga kerja, dan kemungkinan jadi faktor dalam gerakan dolar agar tersisa tahun ini.

Dari dalam negeri, pasar terus mengawasi prediksi perkembangan perekonomian Indonesia pada 2024 sejumlah 4,8%. Prediksi itu lebih rendah dari sasaran pemerintahan sejumlah 5,2%.

Meskipun begitu, Ibrahim menjelaskan kemajuan ekonomi sejumlah 4,8% bukanlah hal yang jelek. Ini karena kemajuan ekonomi dunia diprediksikan sejumlah 2,8% pada 2024. “Kemajuan ekonomi sejumlah 4,8 % bermakna ekonomi tidak krisis, walau tidak terakselerasi.

Tetapi, sasaran kemajuan ekonomi 5,2 % 2024 dapat terwujud, meskipun pemerintahan harus usaha keras untuk menopangnya,” kata Ibrahim.

Awalnya, Presiden Joko Widodo sampaikan sasaran kemajuan ekonomi sejumlah 5,2% pada 2024 dalam pidato pengutaraan Perancangan Undang-Undang APBN Tahun Bujet 2024 dan Nota Keuangan pada Rapat Pleno DPR RI Tahun Sidang 2023 – 2024 di Jakarta.

Jokowi menjelaskan kestabilan ekonomi makro terus akan dijaga. Disamping itu, keadaan pilpres (Pemilihan presiden) dan pilkada (Pemilihan kepala daerah) serempak pada 2024 akan dikondisikan untuk selalu aman buat tingkatkan kepercayaan diri ekonomi periode pendek.

Selanjutnya, di pasar Asia, yen Jepang meneruskan relinya pada perdagangan Jumat pagi dan ke arah minggu terbaik pada dolar AS pada hampir 5 bulan. Merilis Reuters, Kenaikan yen karena beberapa pedagang yang tingkatkan harapan jika zaman suku bunga benar-benar rendah di Jepang akan selekasnya usai.

Gubernur Bank of Japan (BOJ) Kazuo Ueda menjelaskan di hari Kamis jika bank sentra mempunyai sejumlah pilihan berkenaan sasaran suku bunga sesudah menarik ongkos utang periode pendek keluar daerah negatif, dan di hari yang masih sama sudah berjumpa dengan Pertama Menteri Fumio Kishida.

Tags
– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By