Menu
Rupiah Bisa Akan Terus Tembus Sampai Rp15.900

Rupiah Bisa Akan Terus Tembus Sampai Rp15.900

Rupiah diperkirakan akan terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hingga menyentuh level Rp15.900 per USD, jika suku bunga The Fed (FFR) masih belum turun.

Shandy Aulia 3 bulan ago 8

CNBC Media – Rupiah diperkirakan akan terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hingga menyentuh level Rp15.900 per USD, jika suku bunga The Fed (FFR) masih belum turun.

Pada perdagangan Kamis (27/1/2024), rupiah ditutup melemah 0,28% ke level Rp15.791 per USD. Pelemahan rupiah terjadi seiring dengan penguatan dolar AS di pasar global.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pelemahan rupiah masih akan berlanjut hingga FFR turun.

“Pelemahan rupiah masih akan berlanjut hingga FFR turun. Jika FFR masih belum turun, rupiah hari ini bisa tembus level Rp15.900 per USD,” kata Ibrahim kepada CNBC Indonesia, Jumat (28/1/2024).

Ibrahim menjelaskan, pelemahan rupiah disebabkan oleh sejumlah faktor, antara lain:

  • Kenaikan suku bunga The Fed

The Fed dijadwalkan akan mengumumkan keputusan kebijakan moneternya pada 25-26 Januari 2024. Pasar memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin.

Kenaikan suku bunga The Fed akan membuat dolar AS menjadi lebih menarik bagi investor. Hal ini akan menyebabkan arus modal keluar dari Indonesia dan meningkatkan permintaan dolar AS.

  • Inflasi global yang tinggi

Inflasi global terus meningkat, termasuk di Amerika Serikat. Inflasi AS pada Desember 2023 mencapai 7,5%.

Inflasi yang tinggi akan mendorong The Fed untuk menaikkan suku bunga lebih agresif. Hal ini akan semakin memperburuk pelemahan rupiah.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By