Menu
Rohingya: Tragedi yang Terus Berlanjut

Rohingya: Tragedi yang Terus Berlanjut

Rohingya adalah kelompok etnis minoritas di Myanmar yang telah mengalami diskriminasi dan penganiayaan selama berabad-abad.

Shandy Aulia 4 bulan ago 16

CNBC Media – Rohingya adalah kelompok etnis minoritas di Myanmar yang telah mengalami diskriminasi dan penganiayaan selama berabad-abad. Pada tahun 2017, terjadi pembantaian besar-besaran terhadap Rohingya oleh militer Myanmar. Akibatnya, ratusan ribu orang Rohingya melarikan diri ke Bangladesh, di mana mereka tinggal di kamp pengungsian yang penuh sesak dan kekurangan.

Pada tahun 2023, situasi Rohingya masih belum membaik. Militer Myanmar terus melakukan pelanggaran HAM terhadap Rohingya, dan pemerintah Bangladesh tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi. Akibatnya, Rohingya masih menghadapi tantangan yang berat, termasuk kemiskinan, kelaparan, dan penyakit.

Berikut adalah beberapa informasi terbaru mengenai Rohingya:

  • Pemerintah Myanmar terus melakukan pelanggaran HAM terhadap Rohingya. Pada bulan Juli 2023, Amnesty International merilis laporan yang mengungkapkan bahwa militer Myanmar telah melakukan pembantaian, pemerkosaan, dan penyiksaan terhadap Rohingya. Laporan tersebut juga menemukan bahwa pemerintah Myanmar telah melakukan propaganda anti-Rohingya yang bertujuan untuk membenarkan tindakan kekerasan tersebut.

Pemerintah Bangladesh tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi Rohingya. Menurut PBB, lebih dari 1 juta Rohingya tinggal di kamp pengungsian di Bangladesh. Kamp-kamp tersebut sangat padat dan kekurangan fasilitas dasar, seperti air bersih, makanan, dan tempat tinggal. Akibatnya, banyak Rohingya yang jatuh sakit dan meninggal dunia.

  • Komisi Penyelidikan Internasional untuk Myanmar (ICMPI) telah dibentuk untuk menyelidiki dugaan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan terhadap Rohingya. ICMPI telah melakukan sejumlah kunjungan ke Myanmar dan Bangladesh untuk mengumpulkan bukti. Namun, ICMPI belum dapat menyelesaikan penyelidikannya karena kurangnya kerja sama dari pemerintah Myanmar.

Kutipan Entrepreneur Tragedi Rohingya adalah salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia saat ini. Dunia harus mengambil tindakan untuk melindungi Rohingya dan mengakhiri diskriminasi yang mereka hadapi.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By