Menu
Perang Israel Palestina Pecah, 5 Saham Minyak Cuan Banyak

Perang Israel Palestina Pecah, 5 Saham Minyak Cuan Banyak

Secara global, konflik yang terjadi di Timur Tengah saat ini belum berdampak signifikan terhadap harga minyak dunia.

Fajar 6 bulan ago 55

CNBC Media – Konflik di Timur Tengah antara Israel dan juga pasukan Hamas dari Palestina kembali pecah usai ribuan roket diterbangkan oleh pasukan Hamas ke wilayah Israel, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Serangan dari pasukan Hamas ke jalur Gaza tersebut membuat Benjamin Netanyahu semakin gerah dan menyatakan perang terbuka kepada pasukan Palestina.

Namun dibalik pecahnya konflik di Timur Tengah tersebut membawa angin segar bagi 5 emiten saham minyak di Indonesia. Pasalnya, sudah menjadi kekhawatiran tersendiri ketika harga minyak melambung tinggi usai pecahnya konflik di Timur Tengah.

Lalu ada saham minyak apa saja yang masuk dalam radar beli di minggu ini? Simak artikel ini selengkapnya.

5 Saham Minyak yang Naik Usai Konflik Israel dan Palestina

Secara global, konflik yang terjadi di Timur Tengah saat ini belum berdampak signifikan terhadap harga minyak dunia. Namun ahli ekonomi asal Amerika Serikat dari SPI Asset Management, Stephen Innes mengatakan konflik tersebut dapat memberikan dampak bagi pasar energi di dunia.

“Gangguan atau eskalasi di kawasan ini dapat berdampak luas terhadap pasar energi, rantai pasokan global, dan dinamika geopolitik,” ungkapnya seperti yang dilansir dari AP News.

Dugaan tersebut sudah mulai terlihat di 5 saham energi yang ada di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah saham dari Radiant Utama Interinsco Tbk atau RUIS yang sejak Senin lalu mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Pada penutupan bursa dagang minggu lalu, RUIS berada di titik negatif pada angka Rp286. Namun sejak Senin lalu, RUIS mengalami langsung mengalami lonjakan hingga 2,94 persen sampai hari ini, Rabu 11 Oktober 2023 menjadi Rp350.

Selain RUIS, terdapat saham lainnya seperti saham dari Apexindo Pratama Duta Tbk. atau Apex yang juga mengalami kenaikan usai perang Israel dan Palestina.

Apex yang pada minggu sebelumnya berada di angka Rp212 langsung mengalami kenaikan yang signifikan hingga menyentuh titik tertinggi di Rp292 sebelum akhirnya kembali turun di angka Rp260 hari ini.

Selain dua saham di atas, terdapat tiga saham lainnya yang mengalami lonjakan. Beberapa diantaranya adalah PKPK sebanyak persen, MITI dan ELSA yang sama-sama 2 persen.

Hingga saat ini belum ada titik terang akan berakhirnya perang yang terjadi antara Israel dan Palestina. Jika perang terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan pasar saham energi akan terus melonjak di tengah harga minyak yang diprediksi akan naik.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By