Menu
Pegatron Pabrik Iphone Di India Ludes Terbakar

Pegatron Pabrik Iphone Di India Ludes Terbakar

Pegatron menghentikan sementara produksi iPhone di pabriknya yang berada di Selatan India sesudah berlangsung kebakaran pada Minggu 24/9

investor 7 bulan ago 43

Pegatron menghentikan sementara produksi iPhone di pabriknya yang berada di Selatan India sesudah berlangsung kebakaran pada Minggu (24/9) waktu lalu.

Partner produksi Apple itu memohon banyak pekerja pabriknya tidak untuk masuk kerja di hari Selasa (26/9) sesudah peristiwa itu. Akan tetapi faksi Pegatron tidak menjelaskan argumen untuk liburkan banyak buruhnya tersebut.

Mulai sejak Senin (25/9), perusahaan asal Taiwan itu juga menghentikan operasional pabriknya yang berada dekat kota Chennai di Tamil Nadu itu, begitu d ikutip detikINET dari Reuters, Selasa (26/9/2023).

Pegatron awalnya mengatakan ada peristiwa recikan api di pabrik itu, akan tetapi kondisinya bisa dikontrol. Mereka lantas percaya jika peristiwa itu “tidak beresiko penting secara operasional serta keuangan”.

“Tidak ada korban cedera atau jiwa, atau juga kerusakan pada asset lain. Yang menimbulkan kecelakaan sedang diperiksa oleh faksi berotoritas,” kata Pegatron dalam pengakuannya.

Akan tetapi pengakuan Pegatron ini tidak sama dengan pengakuan dari petugas pemadam kebakaran lokal yang mengatakan mereka kerahkan beberapa mobil pemadam kebakaran untuk tangani kebakaran di pabrik itu, serta proses pemadamannya perlu waktu nyaris lima jam.

Sebuah media lokal memberitahukan jika pada Senin pagi buta asap hitam mengepul di ruangan kurang lebih pabrik. Lantas ada video yang memperlihatkan petugas keamanan berupaya menyingkirkan keramaian orang di dekat pintu masuk layanan itu.

Layanan pabrik di dekat kota Chennai itu miliki kemampuan produksi iPhone sejumlah 26 ribu unit tiap harinya. Akan tetapi beberapa waktu waktu terakhir ini, kemampuan produksi yang dipakai cuman 8000 sampai 12 ribu unit iPhone tiap harinya.

Menurut data Counterpoint, Pegatron waktu ini menghasilkan 10% dari keseluruhan produksi iPhone di India. Mereka pun mengestimasikan Apple menjajakan sembilan juta iPhone di India untuk tahun 2023 ini.

Pegatron mulai menghasilkan iPhone di India mulai sejak September 2023 waktu lalu. Mereka lantas tengah mendalami pengerjaan pabrik ke-2 nya di India di area dekat pabrik yang pertama.

Apple Sudah Jadi Lapangan Kerja Paling besar di India

Apple waktu sekian tahun ke belakang melaksanakan pemekaran besar ke India, serta saat ini mereka jadi satu diantara penyuplai lowongan kerja baru paling besar di India.

Di dalam 19 bulan akhir, Apple serta banyak partner kerjanya buka 100 ribu lapangan pekerjana baru, serta tetap akan semakin bertambah. Sampai menurut situs Inc42, mulai sejak Agustus 2021 Apple jadi penyuplai lowongan kerja paling besar disektor electronic.

Dari keseluruhan lapangan pekerjana yang dibuka itu, 62% asal dari partner kerja Apple seperti Foxconn, Pegatron, serta Wistron, atau kurang lebih 62 ribu lowongan kerja. Sementara posisi yang dibuka oleh Apple segera sejumlah kurang lebih 20 ribu, begitu d ikutip detikINET dari Apple Insider, Minggu (5/3/2023).

Pemberi sumbangan paling besar yakni Foxconn dengan 35 ribu lowongan kerja, sedangkan Pegatron serta Wistron masing-masing buka 14 ribu serta 12 ribu posisi baru. Masing-masing perusahaan itu pun diprediksikan bakal buka beberapa ribu lowongan kerja baru sampai tahun akhir 2023.

Foxconn waktu ini miliki pabrik di Tamil Nadu, sisi Selatan India. Pabrik ini belum sebesar pabrik Foxconn di Zhengzhou yang pegawainya menggapai 200 ribu. Akan tetapi Foxconn terus mengegas pabriknya di India.

Pabrik Foxconn di India itu pertama dibuka pada 2019 lalu, serta tanpa henti dinaikkan kemampuan produksinya. Sampai untuk tahun 2022 ini pabrik itu udah diyakini untuk produksi iPhone 14 yang sebelumnya kelamaan di-launching. Awalnya pabrik itu cuman diyakini untuk produksi iPhone angkatan makin lama.

Selanjutnya ada pun pemasok bagian untuk pabrik perakit produk Apple, yang siapkan kurang lebih 40 ribu lowongan kerja baru pada 19 bulan akhir, terhitung Salcomp, yang buka 11 ribu lowongan. Mereka pun memiliki rencana menduplikasikan jumlah pekerjanya di India jadi 25 ribu pada 2026 kedepan.

Mulai sejak beberapa tahun ke belakang, Apple berupaya kurangi keterikatannya pada China, yakni mulai dengan mengalihkan beberapa pabriknya dari negara itu. Satu diantaranya negara maksud Apple yakni India.

Soal ini dijalankan karena produksi iPhone di China terus merasakan masalah, terhitung masalah bermacam ketentuan lockdown yang diimplementasikan pemerintahan China untuk menekan penebaran COVID-19.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By