Menu
Nilai Tukar Rupiah Lemah Di Rp 15.470

Nilai Tukar Rupiah Lemah Di Rp 15.470

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah pada perdagangan perdana tahun 2024, Selasa (2/1)

Shandy Aulia 3 bulan ago 7

CNBC Media – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah pada perdagangan perdana tahun 2024, Selasa (2/1). Rupiah ditutup di level Rp 15.470 per dolar AS, melemah 0,49 persen dari penutupan perdagangan sebelumnya di level Rp 15.395 per dolar AS.

Pelemahan nilai tukar rupiah ini dipicu oleh sejumlah faktor, antara lain penguatan dolar AS terhadap mata uang utama dunia lainnya. Dolar AS menguat karena adanya ekspektasi kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) pada tahun ini.

Selain itu, pelemahan rupiah hari ini juga dipengaruhi oleh keluarnya dana asing dari pasar saham Indonesia. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (2/1) ditutup menguat 0,70 persen, tetapi masih dibayangi oleh sentimen negatif global.

Analis dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Rully Arya Wisnubroto, memperkirakan nilai tukar rupiah akan berfluktuatif namun ditutup melemah direntang Rp 15.450- Rp 15.510 per dolar AS pada hari ini.

“Pelemahan rupiah masih akan berlanjut pada hari ini, didorong oleh ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed,” kata Rully dalam risetnya.

Rully menambahkan, pelemahan rupiah juga akan dipengaruhi oleh perkembangan negosiasi Ukraina-Rusia. Jika negosiasi gagal, maka akan meningkatkan risiko perang yang dapat berdampak negatif terhadap perekonomian global.

Pelemahan rupiah akan berdampak negatif terhadap perekonomian Indonesia, terutama pada sektor perdagangan dan manufaktur. Harga barang impor akan menjadi lebih mahal, sehingga akan meningkatkan biaya produksi dan menekan daya saing produk Indonesia.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By