Menu

Menteri Jokowi Keluarkan Aturan Baru Ini, Karier PNS Makin Bagus

Kesempatan peningkatan profesi aparat sipil negara (ASN) kini makin mulus. Pertanyaan ASN terutama petinggi pimpinan tinggi (PPT) sekarang ini diberi peluang untuk mengikuti perubahan / perputaran walaupun tetap menduduki kedudukan kurang dari 2 tahun.

Shandy Aulia 7 bulan ago 35
pns indonesia

Kesempatan peningkatan profesi aparat sipil negara (ASN) kini makin mulus. Pertanyaan ASN terutama petinggi pimpinan tinggi (PPT) sekarang ini diberi peluang untuk mengikuti perubahan / perputaran walaupun tetap menduduki kedudukan kurang dari 2 tahun.

Menteri Pemberdayaan Aparat Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengutarakan dia seringkali terima keluh kesah terkait elastisitas skema profesi ASN.

” Sejauh ini saya mendapatkan keluh kesah mengenai belum fleksibelnya pengaturan birokrasi, satu di antaranya misalkan proses perubahan petinggi yang menempati kedudukan kurang dari 2 tahun. Banyak kepala wilayah mengeluh karena mereka tidak dapat bebas melakukan pengaturan untuk meningkatkan kinerja ,” tuturnyaMenteri Anas, di Jakarta, d ikutip Rabu (26/9/2023).

Oleh karena itu , pemerintah mengeluarkan Surat Selebaran Menteri PANRB No. 19/2023 tentang Perubahan / Perputaran Petinggi Pimpinan Tinggi yang Menempati Kedudukan Belum Capai Dua Tahun.

” Petinggi Pembimbing Kepegawaian (PPK) bisa melakukan perubahan / memutar petinggi pimpinan tinggi yang memenuhi kedudukan belum mencapai 2 tahun berdasar beberapa pemikiran ,” begitu SE itu.

Perubahan / perputaran dilakukan mencakup kinerja karyawan ( hasil kerja dan sikap kerja karyawan ) dan /atau kinerja unit kerja. Pemikiran yang lain yaitu taktik mempercepat/ pemercepatan perolehan kinerja organisasi; kekuatan PPT saat melakukan pekerjaan kedudukan ; dan referensi tim pemeriksa pelanggaran disiplin.

” Perputaran / perubahan bisa terjadi bila ada unsur bentrokan / gangguan kebutuhan (conflict of interest) dalam Kedudukan Pimpinan Tinggi pada Lembaga Pemerintahan ,” tegas Anas.

Anas memperjelas ketentuan terbaru ini matiarkan untuk mengakselerasi kinerja lembaga-lembaga pemerintahan dan menggerakkan perolehan pemercepatan pembangunan nasional.

Misalnya , UU No. 5 /2014 tentang ASN dan Ketentuan Pemerintahan No. 11/2017 mengenai Manajemen PNS memperjelas diterangkan jika PPK dilarang menukar PPT sepanjang 2 tahun terhitung semenjak pengukuhan PPT itu , kecuali Petinggi Pimpinan Tinggi itu menyalahi ketetapan ketentuan peraturan-undangan dan tak lagi penuhi persyaratan kedudukan yang ditetapkan .

pns indonesia

Tetapi di sisi lain , UU ASNdan PP No.30/2019 tentang Penilaian Kinerja PNS atur jika hasil penilaian kinerja PNS dipakai untuk jamin objek tivitas dalam peningkatan PNS, dan dijadikan salah satu syarat perubahan kedudukan .

Penataan ini mempunyai tujuan untuk memastikan konsentrasi PPT pada perolehan kinerja unit kerja yang dipegangnya . Dan jika terjadi permasalahan yang mempunyai potensi menyebabkan ketidakberhasilan kinerja organisasi, karena itu PPK diberi ruangan untuk melakukan perubahan kedudukan PPT.

Wewenang yang diberikan ke PPK harus diartikan sebagai ruangan untuk percepat perolehan fokus nasional seperti pengurangan angka kemiskinan, stunting, pemercepatan alih bentuk digital dan yang lain , lewat pembaruan kinerja Lembaga Pemerintahan

” Ketentuan ini bukanlah Tujuannya untuk memberikan ruangan-ruangan kebutuhan politik yang ringkas untuk mempengaruhi ASN tidak berlaku netral,” tegas Anas.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By