Menu
Masyarakat Harus Siap Bertransformasi Untuk Menghadapi Kemajuan Teknologi

Masyarakat Harus Siap Bertransformasi Untuk Menghadapi Kemajuan Teknologi

Ditutupnya platform belanja tiktok membuat dampak besar bagi dunia teknologi tersendiri, terutama teknologi digital yang sekarang masif berkembang.

Iksan Maulani 6 bulan ago 24

CNBC Media – Ditutupnya platform belanja tiktok membuat dampak besar bagi dunia teknologi tersendiri, terutama teknologi digital yang sekarang masif berkembang.

Digital marketing seakan menjadi ancaman ekonomi bagi UMKM  yang baru merintis, meskipun banyak juga UMKM yang berhasil mengembangkan usahanya melalui online shop tersebut.

Masalah yang terjadi sekarang adalah makin tidak tertariknya masyarakat untuk mengunjungi pasar-pasar tradisional. Hal ini membuat sebagian masyarakat menuntut untuk menutup platform belanja online.

Kendati demikian, kemajuan teknologi adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari, karena pada setiap periode zamannya teknologi selalu berkembang.

Di lain hal, apakah masyarakat dapat mengimbangi pesatnya teknologi tersendiri, akan menjadi tantangannya.

Peluang Cuan Dari Teknologi

Ada dua kondisi terkait melesatnya teknologi, apa itu? Teknologi bisa menjadi ladang cuan, disisi lain teknologi juga bisa menghantarkan untuk kehilangan cuan.

Banyak bidang teknologi yang dapat dimanfaatkan menjadi cuan, seperti teknologi informasi, digital marketing, perangkat lunak, dan masih banyak lagi. Dari teknologi yang ada tersebut, SDM bisa saja tergantikan, dan peluang meraup cuan dengan adanya teknologi dapat hilang.

Lebih lanjut, tidak adanya batas atau regulasi dapat mengkhawatirkan keberadaan SDM yang memiliki kompetensi rendah.

Peningkatan kualitas SDM memang sangat diperlukan oleh adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat. Meskipun nantinya akan banyak persaingan karena setiap individu ingin menguasai bidang-bidangnya.

Namun, setidaknya dengan dorongan untuk terus meningkatkan skil di bidang teknologi akan sangat bermanfaat bagi penggunannya.

Masyarakat Harus Bertransformasi dan Sadar Atas Kemajuan Teknologi

Dengan kesadaran masyarakat mengenai teknologi yang sudah melesat jauh diharapkan masyarakat mulai mengimbangi dan belajar untuk memanfaatkan teknologi. Ketertinggalan masyarakat terhadap teknologi adalah bagian ketidaksiapan mereka dalam menghadapi pesatnya era transformasi baru.

Dalam kurun 10 tahun terakhir saja, perkembangan handphone sudah sangat pesat, tipe-tipe handphone selalu dirilis tiap tahunnya, dengan beberapa kelebihan yang terus diupdate.

Begitu juga yang terjadi pada arus perekonomian di masyarakat, yang selalu bertransformasi dari yang hanya barang dagangan bisa dijual di pasar atau ditoko-toko pinggir jalan, sekarang sudah bisa lewat digital.

Berbagai jenis aplikasi masif berkembang, dan memenuhi ruang gadget, dengan hanya beberapa klik saja, setiap orang bisa membeli barang yang ia inginkan walaupun jaraknya jauh.

Meskipun dalam belanja online masih banyak kekurangan, terutama pembeli dan penjual dapat dirugikan oleh orderan fiktif maupun pembeli yang tiba-tiba membatalkan pesanannya.

Namun, tidak menyurutkan pembeli untuk belanja di platform online yang memiliki akses mudah, cepat dan efisien.

Pemenuhan fasilitas yang terus diperbaiki dalam rangka memenuhi kepuasan konsumen adalah salah satu cara untuk menjadikan belanja online dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tidak lupa juga, regulasi barang-barang impor perlu diterapkan demi menjaga barang-barang lokal agar tetap eksis di pasaran.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By