Menu
Loker Beri Syarat Usia Maksimal 25 Tahun, Begini Tanggapan Para Pengusaha

Loker Beri Syarat Usia Maksimal 25 Tahun, Begini Tanggapan Para Pengusaha

Banyak lowongan kerja yang memberikan syarat usia maksimal 25 tahun. Hal ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Shandy Aulia 3 bulan ago 6

CNBC Media – Banyak lowongan kerja yang memberikan syarat usia maksimal 25 tahun. Hal ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Sebagian orang menilai bahwa syarat usia tersebut diskriminatif dan tidak adil. Sementara sebagian lainnya menilai bahwa syarat usia tersebut wajar dan dapat dibenarkan.

Tanggapan Pengusaha

Pengusaha atau entrepreneur memiliki berbagai alasan untuk menetapkan syarat usia dalam lowongan kerja. Salah satu alasan yang paling umum adalah untuk mencari pekerja yang masih muda dan memiliki energi yang tinggi. Pekerja yang masih muda juga cenderung lebih mudah beradaptasi dengan perubahan teknologi.

Selain itu, pengusaha juga menilai bahwa pekerja yang masih muda lebih memiliki semangat dan motivasi yang tinggi. Pekerja yang masih muda juga cenderung lebih mudah menerima tantangan dan tanggung jawab.

Pendapat Pro dan Kontra

Pendapat pro terhadap syarat usia maksimal 25 tahun adalah bahwa syarat tersebut dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan pekerja yang berkualitas. Pekerja yang masih muda cenderung memiliki pendidikan yang lebih baik dan keterampilan yang lebih mumpuni.

Sementara itu, pendapat kontra terhadap syarat usia maksimal 25 tahun adalah bahwa syarat tersebut dapat menghambat kesempatan kerja bagi pekerja yang lebih tua. Pekerja yang lebih tua juga memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih luas.

Peluang bagi Pekerja yang Lebih Tua

Meskipun banyak lowongan kerja yang memberikan syarat usia maksimal 25 tahun, tetapi masih ada peluang bagi pekerja yang lebih tua untuk mendapatkan pekerjaan. Peluang tersebut dapat diperoleh dengan mencari lowongan kerja yang tidak memiliki syarat usia, atau dengan melamar ke perusahaan yang lebih mengutamakan pengalaman dan keterampilan daripada usia.

Selain itu, pekerja yang lebih tua juga dapat meningkatkan peluangnya untuk mendapatkan pekerjaan dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensinya.

Syarat usia dalam lowongan kerja merupakan hak prerogatif perusahaan. Perusahaan dapat menetapkan syarat usia sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangannya masing-masing. Namun, perusahaan juga perlu menyadari bahwa syarat usia tersebut dapat menimbulkan dampak negatif bagi pekerja yang lebih tua.

Alasan Pengusaha Mensyaratkan Usia Maksimal 25 Tahun

Pengusaha memiliki beberapa alasan untuk mensyaratkan usia maksimal 25 tahun dalam lowongan kerja. Berikut adalah beberapa alasan tersebut:

  • Daya tahan fisik dan mental

Pengusaha menilai bahwa pekerja yang berusia muda umumnya memiliki daya tahan fisik dan mental yang lebih baik. Hal ini penting untuk pekerjaan yang membutuhkan tenaga fisik dan pikiran yang cukup besar.

  • Kreativitas dan inovasi

Pengusaha menilai bahwa pekerja yang berusia muda umumnya lebih kreatif dan inovatif. Hal ini penting untuk pekerjaan yang membutuhkan ide-ide baru dan segar.

  • Biaya

Pengusaha menilai bahwa pekerja yang berusia muda umumnya memiliki gaji yang lebih rendah. Hal ini dapat menghemat biaya perusahaan.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By