Menu
Kunci Sukses Ditengah Tekanan: Ketahanan Mental Dalam Entrepreneurship

Kunci Sukses Ditengah Tekanan: Ketahanan Mental Usahawan

Seorang wirausahawan pasti bermimpi ingin usahanya cepat naik dalam hitungan 1 Tahun. Namun, pada kenyataannya usaha tersebut tidak berjalan seperti apa yang diimpikannya.

Iksan Maulani 6 bulan ago 18

CNBC Media – Seorang wirausahawan pasti bermimpi ingin usahanya cepat naik dalam hitungan 1 Tahun. Namun, pada kenyataannya usaha tersebut tidak berjalan seperti apa yang diimpikannya.

Akibatnya seorang wirausaha mengalami beban mental yang amat kuat, seperti tidak ingin melanjutkan usahanya, akibat tekanan dari dalam maupun luar. Ini sebabnya usaha yang digeluti oleh entrepreneur atau wirausahawan pemula gampang tumbang.

Usaha Yang Digemari Saat Ini

Industri makanan menjadi salah satu usaha yang diminati oleh usahawan muda, karena menjajikan keuntungan yang berlimpah. Restaurant, Kopi Shop dan sejenisnya massif tidak hanya di kota-kota besar. Bahkan setiap sudut jalanan pun sekarang menjamur usaha dibidang makanan dan minuman tersebut.

Namun, perlu diketahui usaha tersebut memiliki rentang waktu yang Panjang, dan algoritmanya bisa jadi naik secara drastic akibat viral maupun bisa jatuh, tergantung denga napa yang ditawarkan dari pemilik usaha tersebut.

Umumnya jika ingin melihat usaha dalam bidang makanan ini berlanjut atau tidak, dengan dikalkulasi selama 2 Tahun. Waktu tersebut dapat dimanfaatkan oleh usahawan, untuk meneliti perkembangan dari mulai yang terkecil.

Observasi dilakukan kepada pembeli, untuk memberikan service terbaik, dan dalam waktu tersebut sangat tepat untuk mencari pelanggan tetap.

Masa krusial ini sangat menentukan keberlanjutan sebuah usaha, keuntangan akan dilihat secara keseluruhan dalam 2 Tahun tersebut dan dengan melihat aspek-aspek lainnya. Pertimbangan yang matang dari seorang usahawan akan menentukan nasib kedepanya. Lebih lanjut, usaha dalam bidang makanan dan minuman ini memiliki banyak kompotitornya.

Nyatanya Mental Menentukan Sebuah Usaha

Ketidakpenuhan hasil daripada ekspektasi akan membuat usahawan tertekan, apalagi sebelum usaha tidak memikirkan dampak buruk yang bisa terjadi.

Meskipun, usahawan tetap harus berpikir positif, namun setidaknya dengan mengantisipasi dengan melihat realita dilapangan, akan lebih gampang menerima keadaan. Oleh karena itu, ketahanan mental sebelum memulai usaha, wajib dilakukan.

Ketahanan mental dapat dibentuk dari pengalaman yang ia dapat, lantas jika seorang usahawan belum mempunyai pengalaman sama sekali harus bagaimana?. Mungkin masyarakat masih menganggap bahwa pergi ke psikiater adalah hal yang tabu.

Namun, dalam hal ini usahawan taka dal masalahnya jika ingin mendatangi psikiater dan berkonsultasi terkait kesehatan mentalnya. Dengan cara seperti ini, lebih mengetahui kondisi mental usahawan secara teliti. Daripada asal menduga-duga dan mendiagnosis sendiri masalahnya, tentu akan sangat berbeda.

Lebih lanjut, seorang usahawan juga akan membuka wawasan mengenai dunia usaha yang ia geluti, agak lebih baiknya lagi berkonsultasi dengan pakar, atau secara tidak langsung dengan mengamati ketika berkunjung kesebuah usaha misalnya.

Ini akan membantu, daripada asal eksekusi yang akibatnya tidak berjalan sesuai harapan, dan malah menambah beban mental tersendiri.

Tags
– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By