Menu
Kenaikan Bursa Asia Didukung oleh Sentimen Positif dari The Fed

Kenaikan Bursa Asia Didukung oleh Sentimen Positif dari The Fed

Bursa saham Asia secara mayoritas ditutup menguat pada perdagangan hari, Jumat (15/7/2023).

Shandy Aulia 4 bulan ago 15

CNBC Media – Bursa saham Asia secara mayoritas ditutup menguat pada perdagangan hari, Jumat (15/7/2023). Penguatan bursa Asia dipicu oleh sentimen positif dari keputusan The Federal Reserve (The Fed) yang akan memangkas suku bunga acuan sebesar 0,75% pada pertemuan bulan Juli mendatang.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Indonesia ditutup menguat 1,42% ke level 7.179,30. Indeks Nikkei 225 di Jepang ditutup menguat 1,85% ke level 27.332,19. Indeks Hang Seng di Hong Kong ditutup menguat 2,62% ke level 20.673,03. Indeks Shanghai Composite di China ditutup menguat 0,74% ke level 3.324,79.

Keputusan The Fed untuk memangkas suku bunga acuan sebesar 0,75% merupakan keputusan yang cukup agresif. Keputusan ini diharapkan dapat membantu meredam inflasi di Amerika Serikat yang saat ini berada di level tertinggi dalam 40 tahun terakhir.

Selain sentimen positif dari The Fed, kenaikan bursa Asia juga didukung oleh kinerja positif dari beberapa sektor, seperti sektor perbankan, sektor tambang, dan sektor konsumer.

Dari sisi investor asing, tercatat net buy sebesar Rp2,4 triliun pada perdagangan hari ini. Investor asing tercatat memborong saham-saham perbankan, seperti BBRI, BMRI, dan BBCA. Investor asing juga memborong saham-saham tambang, seperti ANTM dan INCO. Sementara itu, investor asing tercatat melepas saham-saham konsumer, seperti UNVR dan ICBP.

IHSG diprediksi akan melanjutkan penguatannya pada perdagangan pekan depan. Hal ini didukung oleh sentimen positif dari keputusan The Fed yang akan memangkas suku bunga acuan. Selain itu, kinerja positif dari beberapa sektor juga turut menjadi katalis positif bagi IHSG.

Berikut adalah beberapa saham yang menjadi penggerak utama kenaikan bursa Asia pada hari ini:

  • IHSG: BBRI, BMRI, BBCA, ANTM, INCO
  • Nikkei 225: NTT Docomo, SoftBank Group, Sony Group, Toyota Motor, Honda Motor
  • Hang Seng: Tencent Holdings, Alibaba Group, Meituan, China Mobile, China Unicom
  • Shanghai Composite: China Life Insurance, Industrial and Commercial Bank of China, China Construction Bank, Bank of China, Sinopec

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By