Menu
IKN Nusantara: Profitkah Untuk Investasi Jangka Panjang?

IKN Nusantara: Profitkah Untuk Investasi Jangka Panjang?

Ibu Kota Negara / IKN Nusantara menjadi Mega proyek yang anggarannya mencapai 466 T ditanggung oleh APBN dan otoritas swasta.

Iksan Maulani 6 bulan ago 16

CNBC Media – Ibu Kota Negara / IKN Nusantara menjadi pemandangan baru bagi peradaban Indonesia dimasa mendatang. Mega proyek yang anggarannya mencapai 466 T ditanggung oleh APBN dan otoritas swasta.

Ambisi terciptanya sebuah hunian dengan nuansa hutan asli, menjadi impian pemerintah dalam hal ini. Lebih lanjut, pemindahan Ibu Kota didasarkan beban Jakarta yang kian besar, karena hal tersebut Ibu Kota harus dipindahkan.

Kalimantan menjadi opsi dari pemindahan Ibu Kota tersebut, kawasan hutan industri dijadikan pusat proyeksi kota masa depan.

Nantinya di IKN Nusantara, akan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, akses pejalan kaki akan dibuat sebanyak-banyak, dan 100% kendaraan di IKN Nusantara wajib menggunakan listrik, dan tak boleh ada kendaraan berbahan bakar fosil melintas di IKN.

Pembangunan telah dimulai semenjak 2022, dan fokus pertama adalah pembangunan istana negara, dan kantor kementerian PUPR.

Pada awal  September 2023 juga mulai dibangun Ground Breaking IKN Nusantara, dalam hal ini ada training camp timnas Indonesia, milik PSSI, rumah sakit, hingga mall.

Percepatan pembangunan ini, diharapkan akan lebih banyak lagi investor yang tertarik manaruh modal di IKN Nusantara. Dengan pembangunan yang begitu massif, menjadi peluang tersendiri untuk investasi di IKN Nusantara, terlebih digadang-gadang akan menjadi kota modern dimasa depan.

Namun, ketertarikan untuk investasi di IKN Nusantara masih dibayang-bayangi apakah IKN Nusantara akan banyak dihuni dimasa depan?. Mengingat saat ini lebih dari separuh penduduk Indonesia bermukim di Jawa.

Sehingga perputaran ekonomi terbesar hanya di Jawa, apa mungkin IKN Nusantara dengan dibangun dari 0 akan bisa memulai peradaban baru.

Meskipun, dikabarkan para PNS akan lekas dipindahkan ke IKN Nusantara mulai tahun depan, namun masih tidak menutup kemungkinan minat orang-orang untuk pindah ke IKN Nusantara sepi.

Jika melihat investor yang ada, yang merupakan pemodal dari China, Singapura, UAE, dan negara lainnya. Kemungkina IKN Nusantara jadi menjadi besar.

Investasi disektor pendidikan, kesehatan, dan pusat-pusat pembelanjaan juga bisa menjadi opsi, karena fokus IKN Nusantara adalah membangun di sektor-sektor tersebut, digadang-gadang terbarukan.

Ini akan menarik orang-orang dan para entrepreneur untuk pergi ke IKN Nusantara dengan sarana yang serba modern, dengan lingkungan yang asri.

Perlu waktu 15 tahun lebih IKN Nusantara dapat terwujud, dan pembangunannya akan dilanjutkan oleh presiden yang akan terpilih di 2024 nanti.

Konsekuensi untuk berinvestasi di IKN Nusantara dengan mempertimbangkan kebutuhan investasi itu sendiri, apakah untuk jangka Panjang atau tidak. Jika untuk jangka Panjang maka investasi di IKN Nusantara dapat menjadi opsi, karena sebagai pusat perekonomian yang berkelanjutan. Dengan benefit yang ditawarkan, maka IKN Nusantara bisa menjadi pertimbangan untuk menghasilkan cuan.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By