Menu
IHSG Dibuka Anjlok ke 7.124,42, Dibayangi Kekhawatiran Inflasi dan Resesi

IHSG Dibuka Anjlok ke 7.124,42, Dibayangi Kekhawatiran Inflasi dan Resesi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka anjlok ke level 7.124,42 pada perdagangan hari ini, Jumat, (26/1/2024).

Shandy Aulia 3 bulan ago 8

CNBC Media – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka anjlok ke level 7.124,42 pada perdagangan hari ini, Jumat, (26/1/2024). Pelemahan IHSG ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Kekhawatiran investor terhadap inflasi global

Inflasi global yang semakin tinggi menjadi salah satu kekhawatiran utama investor saat ini. Hal ini menyebabkan investor cenderung untuk menghindari risiko dan memilih untuk menyimpan dananya di instrumen yang lebih aman, seperti obligasi.

  • Kekhawatiran investor terhadap resesi global

Kekhawatiran investor terhadap resesi global juga turut menghambat pergerakan IHSG. Resesi global dapat menyebabkan penurunan permintaan terhadap produk dan jasa, yang dapat berdampak negatif pada kinerja perusahaan.

  • Pelemahan saham-saham milik Prajogo Pangestu

Pelemahan saham milik Prajogo Pangestu juga turut menghambat pergerakan IHSG. Saham TPIA, BREN, dan CUAN terpantau ambles pada perdagangan hari ini.

Pada perdagangan sesi I, IHSG bergerak di kisaran 7.110,28-7.140,90. Sebanyak 196 saham menguat, 273 saham melemah, dan 180 saham stagnan. Nilai transaksi perdagangan mencapai Rp 9,4 triliun.

Saham-saham yang menguat antara lain:

  • ANTM (PT Adaro Energy Tbk) +2,87%
  • TINS (PT Timah Tbk) +2,78%
  • INCO (PT Vale Indonesia Tbk) +2,76%

Saham-saham yang melemah antara lain:

  • TPIA (PT Chandra Asri Petrochemical Tbk) -6,77%
  • BREN (PT Barito Renewables Energy Tbk) -6,73%
  • CUAN (PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk) -6,67%

Pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan akan masih dipengaruhi oleh faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Investor diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam berinvestasi.

Berikut adalah beberapa analisis dari para analis mengenai pergerakan IHSG hari ini:

  • Muhammad Faisal, analis dari Pilarmas Investindo Sekuritas

“IHSG dibuka melemah pada perdagangan hari ini, seiring dengan kekhawatiran investor terhadap inflasi global dan resesi global. Pelemahan IHSG diperkirakan akan berlanjut pada perdagangan hari ini, dengan support di level 7.000 dan resistance di level 7.200.”

  • Yudi Haryono, analis dari BNI Sekuritas

“IHSG dibuka melemah pada perdagangan hari ini, seiring dengan pelemahan bursa saham global. Pelemahan IHSG diperkirakan akan berlanjut pada perdagangan hari ini, dengan support di level 6.900 dan resistance di level 7.200.”

  • Shinta Maharani, analis dari Mandiri Sekuritas

“IHSG dibuka melemah pada perdagangan hari ini, seiring dengan pelemahan bursa saham Asia. Pelemahan IHSG diperkirakan akan berlanjut pada perdagangan hari ini, dengan support di level 6.800 dan resistance di level 7.100.”

Investor diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam berinvestasi, serta mempertimbangkan faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya sebelum melakukan transaksi.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By