Menu
Catatan BEI: 28 Perusahaan Antri Gelar IPO, Emiten Capai 900 Lebih

Catatan BEI: 28 Perusahaan Antri Gelar IPO, Emiten Capai 900 Lebih

Kutipan dari antaranews PT Bursa Efek Indonesia telah mencatat terdapat 28 perusahaan yang dalam antrean pada pencatatan saham perdana atau IPO.

Iksan Maulani 5 bulan ago 38

CNBC Media – Kutipan dari antaranews PT Bursa Efek Indonesia telah mencatat terdapat 28 perusahaan yang dalam antrean pada pencatatan saham perdana atau IPO.

Kondisi tersebut di Tengah jumlah Perusahaan tercatan di BEI yang mencapai 901 emiten dalam IPO.

Setidaknya sampai tahun ini, sebanyak 77 perusahaan berhasil mencatatkan saham perdana pada BEI dengan dana yang berhasil dihimpun sebesar Rp 58,84 triliun.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI yakni Nyoman Yetna berujar “Hingga kini, terdapat 28 perusahaan dalam masa pipeline pencatatan saham BEI.

Sedangkan dari 28 perusahaan, lebih lanjut Nyoman memaparkan 11 perusahaan breast skala besar yakni di atas Rp 259 miliar, dengan 16 perusahaan breast yang skala menengah.

Nilai tersebut antara Rp 50 miliar hingga Rp 250 miliar, kendati dalam satu Perusahaan breast skala kecil di bawah Rp 50 miliar.

Di sisi lain, sektor enam Perusahaan barang konsumen non primer, empat perusahaan dalam sektor barang konsumen primer, dan empat perusahaan sektor industri, serta emapat perusahaan lainnya yang berada di sektor infrastruktur.

Lebih lanjut lagim tiga perusahaan yang ada pada sektor barang baku, tiga perusahaan pada sektor teknologi, dan dua perusahaan sektor energi, terdapat juga satu perusahaan sektor yang meliputi kesehatan dan juga satu perusahaan sektor transportasi dan logistic.

Tidak hanya itu saja, kabarnya hingga 10 November kemarin, telah terdapat 26 perusahaan yang berhasil tercatat telah menerbitkan rigt issue di BEI, jumlah totalnya berkisar Rp 37,3 triliun.

Demikian, telah diterbitkan kurang lebih sebanyak 99 emisi dari 56 penerbit dari Efek Bersifat Utang, serta sukuk EBUS dana yang mengimhun sebesar Rp 110,4 triliun.

Kemudian pada 8 November, jumlah prusahaan yang telah tercatat di BEI mencapai 901 emiten, kondisi ini siring kedatangan 77 perusahaan yang tercatat bau sepanjang 2023.

Artinya pencapaian 77 perusahaan tersebut menjadikan rekor pencatatan saham baru dan terbanyak sepanjang Sejarah BEI dalam kurun waktu setidaknya satu tahun ini.

Dengan kondisi tersebut, artinya geliat investasi di Indonesia semakin besar seiring dengan optimisme dari BEI.

Lebih lanjut, pada sektor-sektor emiten tersebut, meruapakan penyumbang  pokok negara dalam hal Pembangunan, sehingga pasti akan didukung penuh.

Adapu pelaksanaan even IPO akan mendorong investor untuk melihat perusahaan yang dapat dimaksimalkan dan dipercaya untuk berinvestasi.

Mengingat perkembangan ekonomi yang mulai stabil, meskipun dari kawasan sendiri cenderung belum menemukan titik terang akibat konflik.

Namun, para perusahaan pun mengharapkan imbal balik dari adanya even seperti ini dan menadapat investor yang inklusif bagi perusahaanya, terlebih untuk mendongkrak pasar pada 2024 mendatang akan menjadi tantangan.

Tags
– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By