Menu
Carut Marut Konflik Palestina-Israel Bikin Absurd Dunia Investasi

Carut Marut Konflik Palestina-Israel Bikin Absurd Dunia Investasi

Pecahnya konflik Palestina-Israel menjadi kewaspadaan sendiri terhadap dunia investasi, ini tidak lain didasarkan, akan seperti apa perkembangan konflik ini berlangsung.

Iksan Maulani 6 bulan ago 36

CNBC Media – Pecahnya konflik Palestina-Israel menjadi kewaspadaan sendiri terhadap dunia investasi, ini tidak lain didasarkan, akan seperti apa perkembangan konflik ini berlangsung.

Setiap perang yang terjadi di dunia, selalu menimbulkan dampak besar bagi perekonomian global.

Belum selesainya perang Rusia-Ukraina kini Palestina-Israel kembali bergejolak, pasukan Hamas melakukan serangan tak terduga ke Israel.

Akibatnya ratusan orang tewas, dan Israel menyatakan perang. Di awal pekan ini saja 2500 orang kehilangan nyawa, dan ribuan orang mengungsi.

Kendati demikian, pecahnya Palestina-Israel akan menjadi pusat perhatian dunia, setidaknya sampai beberapa minggu ke depan.

Dan ini juga akan menjadi penanda gejolak ekonomi dunia yang semakin absurd, yang pasti dengan adanya perang ini, akan menaikkan harga-harga kebutuhan pokok.

Setelah harga minyak naik, bisa dipastikan juga penyedia obat-obatan akan naik dalam beberapa waktu ke depan.

Ini juga mempengaruhi di bursa saham, yang notabene terpengaruh akibat konflik ini.

IHSG mengalami kenaikan di awal pekan ini akibat dampak serangan Hamas ke Israel. Namun, kenaikan ini patut menjadi perhatian serius mengingat dampak keberlanjutannya akan seperti apa, masih simpangsiur.

Strategi investasi yang telah dibuat bisa hancur seketika akibat perang ini, tidak menutup kemungkinan untuk mengganti prototipe yang telah dibuat.

Ini dilandasi oleh ketidakstabilan politik yang berakibat besar bagi ladang-ladang investasi.

Lebih lanjut, pengaruh dari keadaan global yang masih belum stabil, ditambah dengan krisis cuaca ekstrem yang melanda sebagian besar dunia, membuat semua negara berlomba untuk mengantisipasinya.

Untuk itu para investor tetap harus waspada dan mengambil sikap dengan terus memantau pasar.

Hal ini bertujuan untuk, lebih mengetahui karakteristik produk investasi yang memungkinkan untuk dipertahankan disituasi yang penuh ketidakstabilan ini.

Dalam kondisi seperti ini juga, investor harus melihat dengan jeli, kondisi perekonomian domestik yang kemungkinan terpengaruh akibat perang tersebut.

Sikap pemerintah juga akan menentukan nasib ekonomi dalam situasi seperti saat ini, pengaruh yang begitu kompleks memang akan selalu diperlihatkan.

Meskipun kalu lebih dilihat kembali, isu ini seperti berperiode, artinya ada waktu kapan muncul datangnya.

Yang memprihatinkan dari timbulnya perang adalah masalah kemanusian, banyak warga sipil yang menjadi korban menjadi isu yang sangat sensitif.

Kelaparan pasti menjadi akibat kronis dari setiap perang, perekonomian hancur, harapan hidup semakin menurun.

Dan yang paling mengerikan adalah keterlibatan pihak ketiga, yang tentu akan berdampak lebih luas lagi jika terjadi.

Andilnya negara besar dalam konflik tersebut, akan menimbulkan sentimen baru bagi dunia politik global, dan imbasnya akan terjadi krisis ekonomi akibat dari ,monopoli kebutuhan pokok dunia. Khususnya di sektor persenjataan, minyak, dan makanan, inilah mengapa perang harus segera dihentikan karena dampaknya akan semakin melebar bagi kestabilan dunia.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By