Menu
Basic Mengatur Keuangan Pribadi yang Sering Dilupakan

Basic Mengatur Keuangan Pribadi yang Sering Dilupakan

Kegagalan dalam mengatur finansial atau keuangan pribadi / diri sendiri akan mendatangkan bencana di masa depan.

Fajar 6 bulan ago 11

CNBC Media Mengatur keuangan adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Kegagalan dalam mengatur finansial atau keuangan pribadi / diri sendiri akan mendatangkan bencana di masa depan.

Selain itu, pelajaran tentang mengatur finansial tidak sering diajarkan di sekolah. Oleh karena itu kamu perlu mencari tahu dan mempraktekkannya dalam kehidupan sendiri.

Simak artikel di bawah ini agar kamu tahu tentang dasar-dasar mengatur keuangan yang sering dilupakan oleh banyak orang. Apa saja diantaranya? Simak artikel ini selengkapnya.

Dasar-Dasar Mengatur Keuangan Pribadi

Berikut ini adalah beberapa basic dasar dalam financial planning untuk diri pribadi yang harus kamu ketahui :

1. Tanggung Jawab Kredit dan Hutang

Tidak dapat dipungkiri lagi jika tren menggunakan kartu kredit dapat mempermudah kita dalam berbelanja. Namun jika tidak digunakan dengan bijaksana, kartu kredit akan mendatangkan bencana bagi penggunanya.

Oleh karena itu, kamu harus bisa bertanggung jawab akan seberapa banyak uang yang kamu gunakan dan seberapa banyak penghasilan yang bisa kamu dapatkan dalam satu bulan.

Selain itu, jangan lupakan hutang jika kamu memilikinya. Karena bagaimanapun juga, hutang yang menumpuk akan mendatangkan bunga yang juga bisa berlebih akibatnya.

2. Prioritas

Salah satu basic dasar dalam mengatur keuangan selanjutnya adalah mengetahui skala prioritas. Kamu harus memahami tentang apa yang kamu butuhkan dan apa yang disebut dengan kemewahan.

Mungkin kamu membutuhkan sebuah rumah untuk kamu tinggali, namun dengan kondisi saat ini dimana kamu tinggal sendiri, kamu mungkin tidak memerlukan rumah dengan tinggi 3 lantai di dalamnya.

Dalam ilmu finansial, biaya yang kamu keluarkan untuk membeli rumah tidak melebihi dari 2 atau 2,5 kali lipat dari pendapatan kamu dalam setahun. Jika dibeli dalam bentuk KPR, usahakan untuk tidak melebihi dari 30 persen gaji bulanan yang kamu dapatkan.

3. Membayar Diri Sendiri

Dalam buku Rich Dad Poor Dad karya Robert T Kiyosaki pernah diceritakan tentang bagaimana dirinya lebih mementingkan diri sendiri terlebih dahulu dibanding membayar pajak atau tagihan yang datang ke dalam rumahnya.

Hal ini merupakan salah satu yang banyak dilupakan oleh banyak orang. Membayar diri sendiri tidak hanya dalam arti untuk bersenang-senang, namun bisa juga dalam bentuk tabungan pensiun untuk hidup yang lebih baik di masa tua nanti.

Jika kamu tidak melakukannya hari ini maka tabungan pensiun yang telah kamu rencanakan mungkin akan terabaikan dengan banyaknya tagihan yang harus kamu bayar setiap bulannya. Oleh karena itu, pastikan kamu membayar diri kamu sendiri setelah mendapatkan hasil dari kerja keras kamu selama satu bulan ini. Itulah beberapa hal dasar mengatur keuangan pribadi yang banyak sekali orang lupakan. Apakah kamu juga salah satu diantaranya? Berikan komentarmu di bawah.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By