Menu

Arab Saudi Tidak Termasuk Dalam 10 Negara Paling Religius di Dunia

Di dunia, beberapa negara disebut betul-betul memakai beberapa nilai keagamaan sebagai dasar bernegara.

Shandy Aulia 7 bulan ago 36

Di dunia, beberapa negara disebut betul-betul memakai beberapa nilai keagamaan sebagai dasar bernegara. Bahkan juga, ukuran spiritualitas sebuah negara sudah diukur oleh majalah CEOWORLD dan Global Business Kebijakan Institute, yang lakukan survey yang menghitung tingkat spiritualitas di 148 negara.

Agama adalah salah satunya nilai yang dipercaya umat manusia sebagai jalan ke arah keselamatan. Agama jadi kemampuan yang sudah membuat warga dan memengaruhi kehidupan banyak pribadi sepanjang beratus-ratus tahun.

Arab Saudi Tidak Termasuk Dalam 10 Negara Paling Religius di Dunia

Lewat 370 ribu warga dunia sebagai simpatisan, riset ini mendalami sudut pandang mengenai bagaimana agama memengaruhi mekanisme budaya, sosial, dan politik di penjuru dunia.

Lalu, negara apa yang paling spiritual di dunia? Berikut daftar sepuluh negara paling spiritual di dunia.

Somalia (Nilai Religius 99.8)

Somalia ialah negara yang mempunyai sejarah religius menarik. Beberapa agama tradisionil Afrika, Islam, dan Kekristenan (Kristen dan Katolik) tinggalkan tapak jejak di salah satunya negara Afrika Timur ini.

Islam mainkan peranan utama di Somalia semenjak era ke-7 . Bahkan juga, Somalia adalah salah satunya tempat pertama kali yang beragama Islam. Islam menebar secara cepat di semua Semenanjung Arab dan Somalia jadi pusat penting evaluasi untuk dunia Muslim.

Beberapa agama tradisionil Afrika mempunyai akar yang dalam di Somalia. Sekarang ini, ada banyak warga Somalia yang tetap jalankan adat-tradisi Afrika bersama dengan Islam.

Walaupun datang di Somalia pada era keduabelas, Kekristenan tetap jadi agama minoritas di negara ini.

Nigeria (Nilai Religius 99.7)

Dalam soal budaya dan warga, Nigeria ialah negara yang beberapa warganya beragama Islam dengan sebagian besar Islam Sunni.

10 Negara Paling Religius di Dunia

Asal mula Islam di Nigeria bermula pada era ke-15, yaitu saat Islam dikenalkan lewat penebaran Kekaisaran Songhai. Islam menebar secara cepat di semua Nigeria hingga jadi agama sebagian besar.

Bangladesh (Nilai Religius 99.5)

Bangladesh ialah negara dengan sejarah religius yang panjang dan bermacam.

Agama Hindu, Buddha, Islam, dan Kristen tinggalkan tapak jejak di negara ini. Buddhisme dan Hinduisme datang di Bangladesh pada era ke-3 . Berdasar sejarah, ke-2 agama itu dibawa sama beberapa pedagang dari India dan China.

Hindu dan Buddha juga secara cepat menebar di kelompok kelas penguasa dan semua negeri dengan pembangunan kuil-kuil dan biara-biara. Adat keagamaan ini sudah mainkan peranan penting saat membuat jati diri budaya dan religius Bangladesh, dan terus memengaruhi negara ini sampai sekarang ini.

Dalam pada itu, agama Islam datang di Bangladesh pada era ke enam lewat pedagang Muslim dari Timur tengah. Islam dengan setahap menebar di semua daerah Bangladesh hingga jadi agama menguasai.

Lalu, Bangsa Eropa tinggalkan dampaknya pada lanscape keagamaan Bangladesh, yaitu dengan mengenalkan Kekristenan pada era ke-16. Sekarang ini, sebagian besar warga Bangladesh ialah Muslim dengan minoritas kecil yang berpedoman Hinduisme, Buddhisme, dan Kristen.

Ethiopia (Nilai Religius 99.3)

Ethiopia ialah negara di Afrika yang sebagian besar warganya beragama Kristen. Menurut adat Ethiopia, pengenalan agama Kekristenan ke Kekaisaran Aksum terjadi pada era ke-4 Masehi, yaitu saat seorang misionaris menggunakan bahasa Yunani, Frumentius, gantikan Raja Ezana. Ini mengidentifikasi awalnya dari sejarah panjang agama Kristen di Ethiopia.

Sekarang ini, Frumentius disegani sebagai santo dalam Gereja Ortodoks Ethiopia. Frumentius dipandang seperti figur penting saat melestarikan dan mempromokan iman Kristen di negara ini sepanjang beratus-ratus tahun.

Selainnya Kristen, agama Islam mempunyai sejarah panjang di Ethiopia. Menurut sejarah, komune Muslim pertama diyakinkan datang di Ethiopia semenjak era ketujuh. Walaupun masih tetap jadi agama minoritas, Islam sudah mempunyai imbas krusial pada budaya dan sejarah di Ethiopia.

Yaman (Nilai Religius 99.1)

Yaman ialah negara dengan sejarah religius yang memikat. Yudaisme, Kekristenan, dan Islam ikut tinggalkan tapak jejak utama di negara ini.

Islam sudah mainkan peranan utama di Yaman semenjak era ke-7 Masehi, yaitu saat Nabi Muhammad mengirimi menantunya sebagai Gubernur Yaman. Disana, Islam menebar secara cepat di semua Semenanjung Arab dan Yaman jadi pusat evaluasi dan ilmu dan pengetahuan untuk warga Muslim.

Disamping itu, Yudaisme mempunyai akar yang dalam di Yaman semenjak komune Yahudi pertama datang semenjak era ke-3 . Dalam pada itu, Kekristenan datang di Yaman pada era ke enam.

Sekarang ini, Yaman ialah negara dengan sebagian besar warga memeluk agama islam.

Malawi (Nilai Religius 99)

Malawi ialah negara dengan peninggalan religius yang kompleks lewat beberapa agama tradisionil Afrika, Kekristenan, dan Islam. Beberapa agama itu disebutkan berperanan saat membuat budaya dan sejarah Malawi.

Sepanjang beratus-ratus tahun, Malawi jadi rumah untuk kombinasi agama tradisionil Afrika yang bermacam. Sampai sekarang ini, beberapa orang tetap meng ikuti praktik-praktik ini bersama dengan kepercayaan lain.

Kekristenan pertama kalinya diperkenalkan ke Malawi oleh beberapa misionaris Eropa pada era ke-19. Semenjak waktu itu, Kristen jadi agama sebagian besar di Malawi.

Selainnya Kristen, agama Islam mempunyai sejarah panjang di Malawi, yaitu semenjak pedagang Muslim pertama datang di pantai Afrika Timur pada era ke-15. Walaupun jadi agama minoritas, Islam sudah mempunyai imbas krusial pada budaya dan sejarah Malawi.

Indonesia (Nilai Religius 98.7)

Sekarang ini, Indonesia mengaku enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu.

Pada era ke-1 dan kedua Masehi, agama Hindu dan Buddha masuk ke dalam Indonesia lewat beberapa pedagang dari India dan China. Ke-2 agama itu menebar secara cepat di semua kepulauan dan jadi terkenal di kelompok elit.

Dalam pada itu, agama Islam masuk ke dalam Indonesia pada era ke-13 lewat dampak beberapa pedagang Muslim dari Timur tengah. Islam dengan setahap memperoleh injakan di semua negeri dan pada akhirnya jadi agama sebagian besar di Indonesia.

Bukan hanya bangsa India, China, dan Timur tengah, bangsa Eropa tinggalkan dampaknya pada lanscape keagamaan Indonesia dengan mengenalkan Kekristenan pada era ke-16.

Sri Lanka (Nilai Religius 98.6)

Sri Lanka mempunyai sejarah agama yang panjang dan bermacam. Pulau ini sudah jadi rumah untuk beragam adat dan praktek keagamaan sepanjang beratus-ratus tahun dengan dampak dari Hinduisme, Buddha, Islam, dan Kekristenan.

Buddha dikenalkan ke Sri Lanka pada era ketiga SM oleh biksu misionaris, Mahinda, yang dikirimkan oleh Kaisar India Ashoka untuk menebarkan agama Buddha ke Srilanka. Adat Buddha berakar di Sri Lanka dan jadi agama sebagian besar.

Hinduisme mempunyai sejarah panjang di Sri Lanka. Karena hal itu, Srilanka jadi negara dengan beberapa kuil Hindu dan tempat suci.

Disamping itu, agama Islam dikenalkan ke Srilanka pada era ke-7 , sedangkan Kekristenan mengawali tapak jejaknya di Sri Lanka lewat beberapa penjajah Eropa pada era ke-16. Keanekaragaman agama di Sri Lanka menggambarkan sejarah kompleks dan bermacam dari pulau ini.

Mauritania (Nilai Religius 98.5)

Mauritania berada di Afrika Utara. Negara ini mempunyai sekitaran 4 juta warga dengan sebagian besar beragama Islam.

Walaupun tidak begitu bermacam dari sisi agama, Mauritania mempunyai keanekaragaman bahasa cukup kaya. Bahasa Arab ialah bahasa sah Mauritania, tapi banyak warga yang bicara bahasa Prancis, dan bahasa-bahasa lokal, seperti Soninke, Pulaar, dan Wolof.

saat beberapa pedagang dan pemukim Arab mengenalkan Islam ke daerah itu.

Salah satunya faktor yang membuat penebaran Islam berjalan secara cepat di Djibouti ialah lokasi yang persilangan perdagangan dan transisi budaya di antara Afrika dan Timur tengah.

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By