Menu
5 Ciri Saham yang Baik Menurut Warren Buffett

5 Ciri Saham yang Baik Menurut Warren Buffett

Siapa yang tidak kenal dengan Warren Buffett? Pialang saham Amerika yang tercatat sebagai salah satu investor terkaya di dunia.

Fajar 6 bulan ago 15

CNBC MediaSiapa yang tidak kenal dengan Warren Buffett? Pialang saham Amerika yang tercatat sebagai salah satu investor terkaya di dunia.

Bahkan pada tahun 2015 lalu, Warren Buffett bahkan dinobatkan sebahagai orang terkaya ketiga di dunia versi majalah Forbes. Kekayaannya tersebut berhasil Ia dapatkan dari kepemilikan saham.

Lalu bagaimana cara seorang Warren Buffet mendapatkan keuntungan dari saham? Berikut ini adalah 5 ciri saham yang baik versi Warren Buffett.

5 Ciri Saham yang Bagus Menurut Warren Buffett

Sebagai seorang investor, Buffett lebih tertarik menilai saham dari segi fundamental. Bersama mentornya Benjamin Graham, Buffett memilih saham setelah menilai kinerja resmi dari laporan perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sering dipertimbangkan Warren Buffet saat dalam membeli saham :

1. Kinerja Perusahaan

Perusahaan yang memiliki angka Return on Equity (ROE) yang tinggi lebih disukai Buffett dibandingkan perusahaan yang memberikan hasil yang besar dalam waktu singkat. Oleh karena itu, tidak jarang Buffett perlu menganalisa saham dari 10 tahun sebelumnya.

2. Hutang

Rasio hutang tentunya menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Jumlah hutang yang tidak sebanding dengan ekuitas sebuah perusahaan tentunya menjadi tanda saham tersebut tidak akan berjalan baik.

3. Keuntungan Perusahaan

Bicara soal bisnis pastinya bicara soal mencari keuntungan, perusahaan yang tidak menunjukan peningkatan keuntungan setiap tahunnya sudah pasti akan dieleminasi dari daftar beli Warren Buffett.

4. Keunikan Perusahaan

Buffett menilai jika produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan sangat berisiko untuk digantikan. Oleh karena itu, perusahaan yang memiliki penawaran unik dan tidak banyak terganggu sentimen publik lebih banyak dipilih oleh dirinya.

5. Beli Disaat Rendah

Hal ini tentunya menjadi dasar penting bagi setiap investor untuk membeli saham disaat harganya sedang turun. Namun tentunya tidak membeli dengan cara serampangan.

Kamu juga perlu mempertimbangkan nilai perusahaan dari saham yang kamu beli. Nilai instrinstik perusahaan yang tidak sebanding dengan nilai saham di pasaran adalah cara Warren Buffett mendapatkan kekayaannya. Itulah beberapa ciri saham yang akan dibeli Warren Buffett. Bagaimana, apakah kamu telah menerapkan tips tersebut sebelumnya?

– Advertisement – BuzzMag Ad
Written By